RSS

Arsip Bulanan: November 2013

Mengapa Doamu tidak dikabulkan? (1)

Teringat obrolan bersama seorang teman beberapa minggu yang lalu. Awalnya, kami hanya mengobrol santai sambil menikmati makan malam kami di sebuah restoran cepat saji. Saling bertukar kabar tentang dunia perkuliahan kami hingga pengalaman kami sehabis menjomblo. Yeaaa! Entah kenapa bahasan tentang mantan juga menjadi teman makan malam kami. Seakan-akan membahas masalah sakit hati itu tiada batasnya bagi kami. Hingga akhirnya, obrolanku terhenti pada suatu pertanyaan, “Aku sudah sering istikharah lho buat meminta petunjuk dari Allah tentang jodohku. Dari dulu. Tapi kenapa koq jawabannya ga keliatan juga ya?!”

Sedikit kekecewaan tergambar jelas dari pertanyaan itu. Teman makanku yang hanya berbeda setaun diatasku mencoba memberikan pemahaman dengan sebuah perumpamaan.

“Jadi ya, kamu itu ibaratnya seperti sebuah handphone. Terus permohonanmu itu ibaratnya SMS, kamu kirim SMS ke Allah, tapi sampe sekarang kamu belum mendapat balesannya. Bisa aja kan SMS mu itu pending, providernya mbambet gegara kamu masih pake handphone abal-abal kayak HP China. Coba kalo kamu pake hape yang lebih bagus, yang ga rusak, yg ga bikin SMS pending, pasti sekarang jawaban SMS mu sudah kamu terima dengan baik. Tau maksudnya?”

Betapa jawaban itu cukup seperti mendorong ke jurang yang gak berair. Jleb! Yah, seperti itulah jawaban yang menyadarkanku selama ini. Apakah kita sudah memperbaiki diri kita sebelum memohon pada-Nya?

Janganlah menuntut Rabb-mu karena permohonanmu belum dikabulkan oleh-Nya. AKan tetapi tuntutlah dirimu sendiri yang mungkin belum memenuhi syarat dikabulkannya sebuah permohonan. (Al Hikam; Syaikh Ibnu ‘Athaillah)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 7 November 2013 in Cerita, Pengalaman

 

Tag: , ,