RSS

Berubahlah jadi lebih baik, meski susah!

05 Nov

Satu hal yang pasti akan abadi di dunia ini, yaitu Perubahan. Perubahan semacam apapun itu yang penting memastikan bahwa diri kita hasilnya akan berbeda dengan diri sebelumnya. Nah, bagaimana jika ada orang lain yang datang kepadamu dengan niat yang tulus, memintamu untuk bisa berubah ke arah yang lebih baik?

Banyak orang beranggapan jika berubah demi orang lain itu sama saja seperti memaksakan kehendak orang lain terhadap diri kita. Orang lain terlalu banyak menuntut pada diri kita. Terlalu picik jika Anda berpikiran seperti itu! Cobalah berpikir pula sebaliknya, Itu adalah sebuah bentuk kepedulian padamu. Anda manusia yang sudah dewasa kan? Pasti tau mana yang sekedar menuntut dan mana yang peduli dengan anda..

Maksimalkan saran perubahan itu dengan menginternalisasikan dahulu kepada diri kita. Kita tidak serta merta menerima saran perubahan. Pertimbangkan dan bandingkan lebih banyak manfaatnya atau mudharat-nya. Berubah jadi lebih “baik” menurut orang lain itu susah. Tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tidak semudah seperti seorang Peter Parker berubah menjadi Spiderman. Hahaha!! :p

Semuanya butuh proses. Proses pendewasaan diri, serta proses introspeksi diri. Apa yang patut kita ubah dari diri kita, dan apa-apa juga yang patut kita pertahankan. Karena tidak semua kritik dan saran dari orang lain kita olah sedemikian rupa sehingga menjadi pribadi yang diinginkan orang lain. SALAH BESAR! Itu sama saja seperti perumpamaan kerbau yang dicocok hidungnya. Anda hidup menjadi seorang manusia kan? #pertanyaanbodoh. Jadi, hidup itu antara Anda dengan orang lain sekitar Anda. Manusia adalah makhluk sosial, perlu berkomunikasi, perlu menjalin hubungan interpersonal yang baik dan pasti Anda tidak mampu hidup sendiri, karena Anda bukan DEWA!

Allah sangat menghendaki umatnya untuk bisa berubah, dengan niatannya sendiri. Karena diri manusia yang lebih mengetahui adalah diri mereka sendiri. Allah berfirman dalam Q.S : Ar-Ra’duu : 11 “ Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah suatu umat, sebelum mereka mengubah apa yang ada pada diri mereka”.

Nah, sekarang tergantung kita tetap menjadi seseorang yang menutup telinga dengan aneka saran yang dilimpahkan orang lain terhadap kita? Atau membuka telinga selebar-lebarnya dengan menanggapi berbagai saran yang ada. Bicarakan pada diri Anda. Karena Anda sendiri yang lebih tahu, Anda ingin berubah menjadi lebih baik yang seperti apa, menurut orang lain, menurut diri Anda sendiri atau kombinasi antara keduanya?

Kalau bukan diri Anda sendiri yang bisa mengerti Anda, siapa lagi? Let’s talk to ourself! To change…

Iklan
 
3 Komentar

Ditulis oleh pada 5 November 2011 in Cerita, coretan, Pengalaman

 

3 responses to “Berubahlah jadi lebih baik, meski susah!

  1. om

    6 November 2011 at 16:40

    super sekali..

     
    • arialuqita

      7 November 2011 at 11:44

      hoho, terimakasih. ini mas ainan? makasi uda walking2 di blog saya 😀

       
      • om

        10 November 2011 at 21:49

        yoi, keep posting ya..

         

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: